Salah satu jenis materi yang diujikan dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS adalah Pelayanan Publik. Dasar pelayanan publik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) didasarkan pada prinsip-prinsip yang mengatur tugas, tanggung jawab, dan etika dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berikut adalah beberapa dasar pelayanan publik bagi ASN:
- Memberikan Pelayanan Publik Profesional: Pelayanan publik yang diberikan harus profesional, bebas dari intervensi politik, dan bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.
- Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik: Undang-undang ini mendefinisikan pelayanan publik sebagai kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Berikut ini adalah contoh soal dan pembahasan mengenai pelayanan publik yang dapat dijadikan bahan belajar menjelang SKD CPNS.
Soal Nomor 1
Anda sedang terburu-buru untuk berangkat kerja karena ada berkas yang harus segera diserahkan pada atasan pagi ini. Namun, di tengah perjalanan Anda melihat seorang tua terjatuh dan terlihat tidak sadarkan diri. Sikap Anda adalah…
- Tetap melanjutkan perjalanan karena berkas tersebut sangat penting bagi atasan
- Berhenti sejenak untuk memastikan ada orang yang menolongnya baru melanjutkan perjalanan
- Segera berhenti dan menolongnya meskipun itu akan membuat saya terlambat datang
- Menelepon atasan bahwa Anda akan datang terlambat dan menolong lansia tersebut lebih dulu
- Segera menelepon ambulan dan meminta bantuan dari orang sekitar baru melanjutkan perjalanan
Jawaban: D – E – C – B – A
Pembahasan:
Situasi ini mengharuskan Anda memilih antara tanggung jawab pekerjaan dan membantu orang yang membutuhkan. Pilihan terbaik adalah menelepon atasan untuk memberitahu bahwa Anda akan terlambat karena menolong seseorang yang membutuhkan bantuan medis. Ini menunjukkan tanggung jawab sosial dan empati tanpa mengabaikan kewajiban pekerjaan. Setelah itu, menelepon ambulan dan meminta bantuan sekitar adalah langkah yang tepat untuk memastikan lansia tersebut mendapatkan pertolongan segera.
Soal Nomor 2
Saat Anda sedang melayani nasabah, ada seorang nasabah yang tiba-tiba menyerobot antrean dan meminta dilayani lebih dulu karena dia terburu-buru untuk menjemput anaknya dari sekolah. Sikap Anda adalah…
- Memintanya untuk kembali mengantre dan tetap dilayani sesuai antrean
- Meminta izin pada pengantri lain untuk melayaninya lebih dulu daripada ribut
- Meminta bantuan satpam untuk mengatasi masalah tersebut
- Memintanya untuk lebih dulu menjemput anaknya baru mengantre kembali
- Mendiamkannya dan tidak memperdulikannya
Jawaban: A – D – C – E – B
Pembahasan:
Sebagai petugas yang bertanggung jawab, penting untuk menjaga ketertiban dan keadilan dalam pelayanan. Meminta nasabah untuk kembali mengantre adalah tindakan yang tepat untuk memastikan semua nasabah dilayani secara adil. Jika nasabah tersebut sangat terburu-buru, menyarankan untuk menjemput anaknya terlebih dahulu dan kembali mengantre juga merupakan solusi yang masuk akal. Meminta bantuan satpam jika situasi menjadi tidak terkendali dapat membantu mengatasi masalah tanpa menimbulkan keributan.
Soal Nomor 3
Seorang kerabat Anda meminta Anda untuk membantu mengurus beberapa berkas agar bisa diproses lebih cepat daripada melalui jalur umum. Sikap Anda adalah…
- Langsung menolaknya dan mengingatkan agar tidak mengulangi hal tersebut
- Menolaknya dan memintanya dengan baik-baik untuk menggunakan jalur umum seperti yang lain
- Karena dia kerabat saya, sudah seharusnya saya membantu
- Jika risikonya tidak terlalu besar saya akan membantunya
- Memintanya untuk meminta tolong pada petugas yang lain saja
Jawaban: B – A – E – D – C
Pembahasan:
Sebagai ASN, Anda harus menjaga integritas dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan. Menolak permintaan kerabat dan memintanya menggunakan jalur umum adalah tindakan yang benar untuk menghindari konflik kepentingan dan menjaga keadilan. Mengingatkan agar tidak mengulangi permintaan tersebut menunjukkan komitmen Anda terhadap prinsip-prinsip pelayanan publik yang adil dan transparan.
Soal Nomor 4
Seorang klien datang untuk melakukan pendaftaran pasien BPJS namun beberapa persyaratan tidak dibawanya padahal klien tersebut sudah lansia dan datang sendirian. Sikap Anda adalah…
- Langsung memberikan pelayanan dan memintanya menyertakan syarat yang belum lengkap pada kunjungan berikutnya
- Langsung memberikan pelayanan karena kurangnya persyaratan adalah hal yang biasa
- Meminta saran dari atasan untuk melihat apakah ada kebijakan untuk diberikan pelayanan
- Mengecek persyaratan apa saja yang kurang barangkali masih bisa dilakukan pelayanan
- Menolaknya dan memintanya kembali jika persyaratan yang dibawa sudah lengkap
Jawaban: E – C – D – A – B
Pembahasan:
Dalam memberikan pelayanan, penting untuk tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Menolak memberikan pelayanan jika persyaratan tidak lengkap adalah tindakan yang sesuai dengan aturan. Namun, Anda juga bisa meminta saran dari atasan apakah ada kebijakan khusus untuk kasus seperti ini. Mengecek persyaratan yang kurang dan memberikan solusi yang sesuai juga dapat membantu memfasilitasi klien tanpa melanggar prosedur.
Soal Nomor 5
Seorang penumpang yang baru saja dari perjalanan luar negeri sedang menjalani pemeriksaan di kantor bea cukai karena tidak dilengkapi dengan surat izin. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa barang tersebut tidak diizinkan untuk masuk ke Indonesia. Sikap Anda adalah…
- Langsung menahan barang tersebut sesuai prosedur
- Langsung menahan barang tersebut dan mengupayakan ganti rugi bagi penumpang tersebut
- Menginformasikan pada pemilik mengenai hal tersebut dan memintanya untuk memusnahkan sendiri barang tersebut
- Menginformasikan hal tersebut pada pemilik dan menahan barang tersebut
- Memperingatkan pemilik agar tidak membeli barang yang sama di kemudian hari
Jawaban: D – A – C – B – E
Pembahasan:
Menjalankan tugas sebagai petugas bea cukai harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Menginformasikan pada pemilik mengenai barang yang tidak diizinkan masuk dan menahan barang tersebut adalah langkah yang tepat. Ini menunjukkan bahwa Anda menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. Menahan barang sesuai prosedur dan memberikan informasi yang jelas kepada pemilik barang membantu menjaga ketertiban dan keadilan dalam pelayanan bea cukai.