Salah satu jenis materi yang diujikan dalam materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 adalah Pelayanan Publik. Materi ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki. Penyelenggara pelayanan publik, yang selanjutnya disebut Penyelenggara, adalah setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik (UU 25 Tahun 2009, Pasal 1).
Soal TKP Pelayanan Publik SKD CPNS 2024 berbentuk contoh kondisi atau kasus yang akan dihadapi di lingkungan kerja dan masyarakat. Peserta akan diberikan lima pilihan tentang bagaimana mereka memposisikan diri atau berperan menghadapi kondisi tertentu.
Berikut ini adalah contoh soal dan pembahasan mengenai pelayanan publik yang dapat dijadikan bahan belajar menjelang SKD CPNS.
Soal Nomor 1
Anda ditugaskan ke divisi lain, tetapi di divisi tersebut ada beberapa orang yang tidak menyukai Anda. Sikap Anda adalah …
- Menghiraukannya karena saya hanya fokus bekerja saja.
- Mencari alasan agar saya dikembalikan ke divisi sebelumnya.
- Berusaha dan belajar untuk menjadi lebih baik.
- Mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut.
- Mencari tahu mengapa saya tidak disukai.
Jawaban: E – C – B – A – D
Pembahasan:
Dalam situasi di mana Anda tidak disukai oleh beberapa rekan kerja di divisi baru, penting untuk memahami alasannya dan mencari solusi yang konstruktif. Mencari tahu mengapa Anda tidak disukai adalah langkah yang paling bijak karena ini menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk memperbaiki diri dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Berusaha dan belajar untuk menjadi lebih baik juga merupakan sikap positif yang menunjukkan komitmen Anda terhadap pekerjaan.
Mencari alasan untuk dikembalikan ke divisi sebelumnya atau mengundurkan diri bukanlah solusi terbaik karena ini menunjukkan ketidakmampuan untuk menghadapi tantangan. Menghiraukan situasi juga tidak membantu dalam jangka panjang karena masalah tersebut bisa mempengaruhi kinerja Anda dan hubungan kerja dengan rekan lainnya.
Soal Nomor 2
Anda sedang melakukan diskusi dengan rekan kerja sesama divisi. Ketika diskusi berlangsung, ada seorang rekan kerja yang memberikan usulan yang menurutnya sangat baik dalam meningkatkan hasil kerja. Namun, menurut Anda, usulan tersebut memiliki risiko yang besar dan dapat merugikan perusahaan jika tetap dilakukan. Ketika Anda memberikan tanggapan, rekan kerja tersebut terlihat tidak terima dengan sanggahan Anda. Sikap yang akan Anda lakukan adalah …
- Memintanya untuk memberikan gagasan yang memiliki risiko kecil dan realistis.
- Mengajaknya berbicara dengan bahasa yang santai dan ringan serta fokus pada tujuan awal.
- Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukannya kepada atasan.
- Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan.
- Diam saja dan mengikuti semua gagasan rekan kerja.
Jawaban: B – D – A – E – C
Pembahasan:
Dalam menghadapi perbedaan pendapat, penting untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dan efektif. Mengajak rekan kerja berbicara dengan bahasa yang santai dan ringan serta fokus pada tujuan awal dapat membantu mengurangi ketegangan dan membuka ruang untuk diskusi lebih lanjut tanpa memicu konflik. Meminta rekan kerja untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan juga merupakan langkah yang baik karena menunjukkan bahwa Anda mempertimbangkan usulan tersebut namun dengan pertimbangan yang lebih matang.
Meminta rekan kerja memberikan gagasan yang memiliki risiko kecil dan realistis adalah langkah selanjutnya yang dapat membantu mencari solusi yang lebih aman. Diam saja dan mengikuti semua gagasan rekan kerja atau melaporkan kepada atasan bukanlah solusi yang ideal karena bisa menimbulkan masalah baru atau menghambat produktivitas tim.
Soal Nomor 3
Jika ada seorang rekan yang memberikan secara langsung berkas-berkas temannya untuk ditindaklanjuti oleh Anda, maka Anda akan …
- Tidak mempedulikannya.
- Memberinya nomor urut seperti klien yang lain.
- Segera menindaklanjutinya.
- Menindaklanjutinya jika ada imbalan saja.
- Menindaklanjutinya karena Anda tidak enak hati dengan teman Anda itu.
Jawaban: B – A – E – C – D
Pembahasan:
Dalam situasi ini, keadilan dan profesionalisme sangat penting. Memberi nomor urut seperti klien yang lain adalah langkah yang tepat karena ini memastikan bahwa semua klien diperlakukan sama dan tidak ada yang diistimewakan. Tidak mempedulikannya mungkin menunjukkan ketidakpedulian terhadap rekan kerja, tetapi dalam konteks ini, lebih baik memberikan penjelasan mengenai prosedur yang harus diikuti.
Menindaklanjuti berkas tersebut karena merasa tidak enak hati atau hanya jika ada imbalan tidak menunjukkan sikap profesional dan bisa menimbulkan ketidakadilan di lingkungan kerja. Segera menindaklanjuti berkas tanpa mengikuti prosedur yang ada juga bukanlah langkah yang tepat karena bisa menimbulkan masalah administratif.
Soal Nomor 4
Jika Anda sedang cuti kerja, tiba-tiba atasan Anda menelepon dan meminta Anda hadir ke kantor untuk mengerjakan tugas yang mendadak. Maka sikap Anda sebagai bawahan adalah …
- Mematikan ponsel.
- Memerintahkan staf lain untuk mengerjakannya.
- Meminta atasan agar tugas tersebut diselesaikan setelah Anda cuti.
- Mengabaikan permintaan atasan.
- Memenuhi perintah atasan dengan segera.
Jawaban: E – B – C – D – A
Pembahasan:
Sebagai bawahan yang profesional, memenuhi perintah atasan dengan segera adalah sikap yang menunjukkan komitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaan. Meskipun Anda sedang cuti, ada situasi mendesak yang memerlukan kehadiran Anda, sehingga berusaha memenuhi permintaan tersebut adalah langkah yang bijak.
Memerintahkan staf lain untuk mengerjakan tugas tersebut juga bisa menjadi solusi jika memang memungkinkan, dan Anda harus memastikan bahwa staf tersebut mampu menangani tugas dengan baik. Meminta atasan untuk menunda tugas hingga cuti Anda selesai atau mengabaikan permintaan atasan bukanlah pilihan yang ideal dalam situasi mendesak. Mematikan ponsel adalah tindakan yang tidak profesional dan menunjukkan ketidakpedulian terhadap tanggung jawab pekerjaan.
Soal Nomor 5
Saya baru saja menjadi ASN, saya bekerja di sebuah instansi daerah di luar pulau tempat saya tinggal. Pada daerah tersebut, saya banyak menemukan perbedaan kebiasaan dengan daerah asal saya. Hal yang akan saya lakukan adalah …
- Menutup diri dari lingkungan tersebut karena memiliki perbedaan kebiasaan.
- Menghormati kebiasaan mereka dan tetap bergaul dengan masyarakat.
- Berbaur dengan masyarakat, tetapi tidak setuju dengan kebiasaan mereka.
- Menghiraukan mereka karena saya harus fokus bekerja saja.
- Tidak berbaur walaupun menerima kebiasaan mereka.
Jawaban: B – D – C – E – A
Pembahasan:
Menghormati kebiasaan masyarakat setempat dan tetap bergaul dengan mereka adalah sikap yang sangat penting untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Ini menunjukkan rasa hormat terhadap budaya dan kebiasaan lokal serta membantu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat setempat. Berbaur dengan masyarakat tetapi tidak setuju dengan kebiasaan mereka menunjukkan bahwa Anda tetap berusaha berintegrasi meskipun ada perbedaan pendapat, yang juga merupakan sikap yang baik.
Menghiraukan masyarakat setempat atau tidak berbaur walaupun menerima kebiasaan mereka bukanlah sikap yang ideal karena bisa menimbulkan kesalahpahaman dan menghambat integrasi. Menutup diri dari lingkungan tersebut adalah sikap yang paling tidak dianjurkan karena akan mengisolasi Anda dan menghambat kesempatan untuk memahami dan menghargai kebudayaan lokal.